Memperkenalkan Oriole Insights: Tentang Keadaan Ketidakpastian dan Solusi yang Mungkin

Logosnodos
3 min readNov 5, 2023

Keadaan Pasar

Dalam laporan 2023 Digital Assets Outlook-nya, tim The Block menyoroti kecenderungan dominan ketidakpastian di pasar. Mereka merinci tren TradFi kunci yang memengaruhi pasar kripto: inflasi, perumahan, pengangguran, kredit ritel, dan kredit institusional. Setelah membaca laporan tersebut, seseorang merasa bahwa jika dia memahami tren dunia kripto, dia bisa dengan mudah memprediksi pasar. Kesalahan dari pandangan ini adalah bahwa pemahaman ini hanya diperoleh ketika melihat kembali apa yang telah terjadi. Ketika Anda mencoba untuk meramalkan masa depan, semua kepercayaan ini memudar.

Selama perdagangan ada, menciptakan cara baru untuk memprediksi perubahan harga tetap menjadi prioritas utama untuk para pelaku dari berbagai jenis. Perusahaan modal ventura besar menciptakan strategi untuk diversifikasi aset mereka, investor individu menggabungkan portofolio dengan akuisisi bertahap untuk menghindari kerugian besar, dan berbagai pelaku bursa menciptakan alat seperti obligasi, futures, dan indeks.

Berbagai strategi untuk mengatasi volatilitas

  1. Diversifikasi Portofolio:
    Diversifikasi adalah strategi manajemen risiko klasik di mana investor menyebarkan investasinya ke berbagai aset, sektor, dan wilayah geografis untuk mengurangi risiko. Meskipun pendekatan ini membantu mengurangi paparan terhadap satu aset atau pasar, itu tidak menghilangkan ketidakpastian inheren atau memberikan wawasan khusus tentang tren dan pergerakan masa depan.
  2. Analisis Fundamental:
    Merupakan landasan dalam bidang keuangan, analisis fundamental melibatkan penilaian nilai intrinsik aset dengan memeriksa faktor ekonomi, keuangan, dan kualitatif dan kuantitatif lainnya yang terkait. Investor menganalisis pendapatan, laba, pertumbuhan masa depan, return on equity, margin keuntungan, dan data lainnya untuk menentukan nilai dasar perusahaan dan potensinya untuk pertumbuhan di masa depan. Pendekatan ini, meskipun kuat, sering kali mengabaikan ketidakdapatan dari perilaku manusia dan peristiwa eksternal yang memengaruhi dinamika pasar.
  3. Analisis Teknikal:
    Analis teknikal meramalkan berdasarkan kinerja pasar dan perilaku masa lalu. Mereka menggunakan tren statistik dari aktivitas perdagangan, seperti pergerakan harga dan volume, untuk mengidentifikasi pola dan wawasan yang dapat menunjukkan aktivitas masa depan. Meskipun metode ini populer di kalangan pedagang karena aplikabilitas dan kemudahan penggunaannya, itu tidak selalu benar. Anomali pasar, berita tiba-tiba, dan peristiwa yang tidak dapat diprediksi dapat dengan cepat membalikkan ramalan teknikal.

Sentimen

Namun, orang juga menyadari bahwa ekspektasi, keyakinan, dan gagasan orang memainkan peran terpisah dalam menetapkan harga pasar. Tindakan manusia dapat diatur oleh akal dan emosi dan kemungkinan besar akibat dari percampuran keduanya. Pedagang berpengalaman menyaksikan bagaimana komunitas membesar-besarkan token, yang berakhir dengan skandal penipuan dan ketidakpercayaan serta apati para ahli terhadap aset masa depan. Itu ketika orang memahami bahwa mengukur sentimen orang dapat bermanfaat untuk memprediksi perubahan harga.

Seperti halnya dengan alat apa pun, dibutuhkan seorang ahli untuk menggunakannya dengan paling efisien. Metrik yang ada termasuk “indeks rasa takut dan serakah” yang populer atau perubahan sentimen. Indeks rasa takut dan serakah secara jelas mengatakan mana emosi yang mendominasi pasar. Namun, bisa memberikan wawasan yang sangat berbeda bagi audiensnya. Pembeli yang berisiko akan membeli ketika ketakutan mendominasi, sementara yang moderat akan melakukan sebaliknya. Oleh karena itu, metrik sentimen memberikan dimensi lain dalam perjuangan melawan ketidakpastian. Setiap orang dapat menemukan wawasan yang kuat dan menggunakannya dengan efisiensi tertinggi. Pembeli yang tidak berpengalaman akan memanfaatkan kebijaksanaan massa untuk memilih aset yang aman, sementara pedagang pendek akan bermain melawan tren yang mendominasi. Dengan ini dalam pikiran, kami mempersembahkan kepada Anda Oriole Insights.

Oriole Insights

Oriole Insights melampaui batasan perspektif individu dan algoritma yang kaku dengan memanfaatkan wawasan, pengalaman, dan pengetahuan beragam dari komunitas global. Ini mengubah peramalan menjadi proses dinamis dan adaptif yang diperkaya dengan masukan real-time dari para prediktor di seluruh dunia.

Daftar untuk berpartisipasi dalam Closed Beta👉 https://orioleinsights.io

Tetaplah terhubung
- Saluran Telegram: https://t.me/OrioleInsights
- Obrolan Telegram: https://t.me/OrioleInsightsChat
- Discord: https://discord.com/invite/N9MhHCBUXS
- Twitter: https://twitter.com/OrioleInsights
- Instagram: https://www.instagram.com/orioleinsights/
- Facebook: https://www.facebook.com/orioleinsights

--

--